Kamis, 11 April 2013


Kegiatan Donor Darah Satuan Radar 231 Lhokseumawe


Dalam rangka menyambut HUT TNI-AU yang ke-67 pada tanggal 9 April 2013, Satuan Radar 231 bekerjasama dengan PMI daerah Lhokseumawe mengadakan acara Donor Darah di Gedung Serba Guna Satrad 231. Komandan Satuan Radar 231 Lhokseumawe Mayor Lek Joko Nugroho, S.T. mengajak seluruh anggota Satuan Radar 231 untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang sarat dengan unsur sosial dan kemanusiaan ini. Mulai pukul 09.00 WIB, para anggota yang ingin mendonorkan darahnya sudah berdatangan ke GSG, tidak ketinggalan pula para tamu undangan dari Pasukan Khas Kompi BS Lhokseumawe, Kepolisian Lhokseumawe, Bank BNI serta masyarakat sekitar Satrad 231 Lhokseuamwe.


Di antara sekian banyak pendonor yang sudah rutin melakukan donor darah, terlihat anggota yang agak gugup karena sudah lama tidak melaksanakan donor darah. Namun setelah selesai proses pengambilan darah, pendonor mengatakan bahwa dalam mendonor sama sekali tidak menakutkan, rasanya hanya seperti digigit oleh semut.


Adapun proses donor darah yang harus dilalui oleh para pendonor yaitu, pertama-tama pendonor harus mengisi formulir identitas dan riwayat kesehatan yang selanjutnya diserahkan kepada petugas untuk dibuatkan kartu donor. Bagi pendonor yang telah memiliki kartu donor, cukup menyerahkan kartu donornya. Dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah dan kondisi kesehatan oleh dokter. Kemudian petugas dari PMI akan mengambil sampel darah untuk pengecekan golongan darah dan kadar Hemoglobin. Dan bagi para pendonor yang telah memenuhi syarat kesehatan, dipersilakan menunggu untuk dilakukan pengambilan darah. Setelah proses pengambilan darah selesai pendonor akan mendapatkan hidangan ringan dan vitamin serta kartu donor yang telah diisi tanggal donor oleh petugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar